Berbeda dengan Oatmeal Lain, Ini Sederet Khasiat Overnight Oats yang Tak Kalah Sehat

1 May 2024 - 07:15 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Overnight oats merupakan hidangan dari oatmeal yang direndam susu atau yoghurt selama satu malam di dalam lemari es. Proses ini membuat tekstur oatmeal menjadi lembut seperti bubur dan bisa langsung disantap tanpa perlu dimasak.

Oats ini dapat dikonsumsi dengan berbagai tambahan, seperti buah-buahan segar, kacang-kacangan, biji-bijian, atau pemanis alami, sehingga dapat rasa dan nutrisinya bervariasi.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (28/4/24), berikut sederet manfaat overnight oats bagi tubuh, antara lain:

1. Menurunkan berat badan

Overnight oats mengandung beta glucan, yaitu serat larut yang dapat memperlambat laju penyerapan karbohidrat dan gula, sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Nutrisi ini juga berperan dalam mengontrol pelepasan hormon yang mengatur nafsu makan.

Baca Juga: Besok, Presiden Jokowi Serahkan 10.323 Sertifikat Tanah Elektronik di Banyuwangi, Jawa Timur

Jadi, konsumsi overnight oats bisa mengurangi keinginan makan berlebih sehingga asupan kalori lebih terkontrol dan upaya menurunkan berat badan pun menjadi lebih efektif.

2. Menambah energi

Overnight oats cocok dikonsumsi sebagai sarapan karena dapat memberikan energi bagi tubuh. Makanan ini mengandung karbohidrat kompleks, kalori, dan lemak baik yang merupakan sumber utama energi.

Nutrisi ini juga akan dicerna oleh tubuh secara perlahan, sehingga dapat memberikan pasokan energi bertahap dan tahan lama.

Manfaat overnight oats untuk membuat tubuh berenergi akan lebih maksimal jika ditambahkan dengan potongan pisang atau stroberi. Kedua buah ini dapat memberikan energi bagi tubuh sekaligus menjaga fungsi tubuh dengan baik.

3, Mengatasi sembelit

Anda bisa mengonsumsi overnight oats sebagai salah satu cara untuk mengatasi sembelit. Serat larut dalam overnight oats membantu menyerap air dalam usus, sehingga menghasilkan tinja yang lebih lembut dan mudah dikeluarkan.

Tak hanya itu, overnight oats yang dicampur dengan chia seed juga berperan sebagai antioksidan dan mengembalikan keseimbangan bakteri di dalam usus. Dengan begitu, kesehatan sistem pencernaan dapat terjaga dan munculnya sembelit dapat dicegah.

4. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Beta glucan yang terkandung di dalam oats diketahui efektif dalam membuang kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh, menghambat produksi kolesterol di hati dan mencegah penyerapan kolesterol dari makanan. Dengan begitu, kadar kolesterol total di dalam tubuh dapat menurun.

Agar manfaat ini lebih maksimal, tambahkanlah anggur atau stroberi ke dalam overnight oats. Buah tersebut kaya akan pektin, yaitu serat larut yang dapat menurunkan kadar LDL.

5. Mengontrol kadar gula darah

Overnight oats bisa dijadikan sebagai menu sarapan bagi penderita diabetes. Konsumsi oats dapat membantu menurunkan kadar gula darah sekaligus meningkatkan sensitivitas insulin. Anda juga bisa menambahkan buah yang bagus untuk diabetes, seperti mangga, stroberi, anggur, atau bluberi.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment